WhatsApp 0812-1948-0398

12 Cara Menyimpan Parfum Agar Tahan Lama Tidak Cepat Rusak

12 Cara Menyimpan Parfum Agar Tahan Lama Tidak Cepat Rusak – Parfum adalah cairan yang rentan dan sensitif terhadap banyak kondisi. Ia bisa rusak lebih cepat dari yang seharusnya. Perubahan warna dan aroma tak menyenangkan merupakan dua di antara tanda kerusakan tersebut.

Parfum Anda memang memiliki tanggal kadaluarsa. Tapi ia bisa rusak lebih cepat. Jika ini terjadi, maka tamatlah riwayat parfum Anda. Namun, Anda bisa memperpanjang usia parfum dengan cara sederhana dan mudah. yaitu menyimpannya dengan baik dan benar.

Berikut ini kami sajikan 12 cara meyimpan parfum agar tahan lama tidak cepat rusak. Langkah-langkah ini sangat mudah kita lakukan.

12 Cara Menyimpan Parfum Agar Tahan Lama Tidak Cepat Rusak

12 Cara Menyimpan Parfum Agar Tahan Lama Tidak Cepat Rusak

  • Jauhkan dari cahaya langsung

Simpanlah parfum di termpat yang gelap. Jauhkan dari sinar matahari yang dapat membahayakan parfum. Lemari pakaian atau laci merupakan salah satu tempat yang baik untuk menyimpan parfum. Parfum dengan desain botol yang indah kerap dipajang hingga terekspos lebih banyak cahaya. Untuk ini, perhatikan cara 2.

  • Botol berwarna, atau buram atau gelap

Botol dari kaca yang berwarna atau buram atau gelap akan membantu parfum bertahan lebih lama dibanding botol yang transparan atau bening.

  • Jauhkan dari panas

Seperti cahaya, panas dapat merusak ikatan kimia yang memberi aroma pada parfum.

  • Jauhkan dari lembab

Kamar mandi merupakan salah satu area di rumah yang lembab. Menyimpan parfum di sini dapat merusak kualitas parfum. Pilih area di rumah yang jauh dari kelembaban ekstrim seperti kamar tidur.

  • Simpan di tempat dengan suhu yang konsisten

Parfum bereaksi terhadap perubahan temperatur yang drastis. Suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah mempengaruh fisik kandungan parfum, termasuk minyak esensial di dalamnya. Kamar mandi dan dapur merupakan contoh area yang suhunya tidak konsisten. Menyimpan parfum di  lemari di ruang tamu atau ruang tidur merupakan ide yang baik,

12 Cara Menyimpan Parfum Agar Wangi Tahan Lama Dan Tidak Cepat Rusak

  • Simpan dalam botol asli

Simpan parfum di botol aslinya, jangan pindahkan ke botol lain. Memindahkan parfum ke botol lain sama dengan mengeksposnya ke udara yang tentu saja menurunkan kualitas parfum.

  • Simpan dusnya dan simpan dalam dus

Jangan buang dus parfum Anda karena ini dapat melindungi dari cahaya serta panas sehingga membuatnya lebih terjaga. Jika dua parfum Anda telah dibuang, gunakan kotak lain seperti kotak perhiasan atau kosmetik.

  • Jangan mengguncang atau mengocok

Ritual ini dilakukan banyak orang sebelum menyemprotkan parfum. Nah, jangan lakukan hal ini karena komposisi parfum sudah diatur sedemikian rupa agar tetap tercampur. Mengocok atau mengguncang botol parfum akan memasukkan udara dan merusak parfum.

  • Gunakan spray bukan splash

Parfum yang diaplikasi mennggunakan spray lebih aman dibanding splash. Karena cairan dalam botol parfum terhindar dari kontak langsung dengan tangan yang mengandung banyak bakteri.

  • Pastikan tutup botol terkunci rapat

Jangan terlalu sering membuka dan menutup botol parfum. Dan pastikan botol parfum Anda tertutup rapat. Sebagian botol parfum menggunakan segel sehingga tidak bisa dibuka. Dan ini sangat baik untuk menjaga parfum tahan lama.

  • Gunakan atomizer atau travel container saat bepergian

Saat bepergian, botol parfum sering mengalami guncangan. Untuk menghindari ini, Anda bisa menyemprotkan atau menuangkan cairan parfum ke dalam atomizer atau travel container sehingga parfum dalam botol asli yang Anda simpan di rumah aman dari kondisi yang menurunkan kualitasnya.

  • Jangan simpan di rak yang tinggi

Menyimpan parfum di tempat yang tinggi akan membahayakan botol parfum.  Simpanlah parfum di tempat yang mudah dijangkau dan memiliki sedikit risiko jatuh atau pecah,

***

Tips Lainnya

Selain 12 cara menyimpan parfum agar tahan lama tidak cepat rusak ini, Anda juga perlu memerhatikan jenis wewangian dan kadar konsentrat suatu parfum.

Wewangian dengan kadar minyak esensial yang tinggi akan lebih tahan lama dibanding yang rendah. Dalam hal ini, Parfum dan Eau De Parfum (EDP) akan lebih tahan lama diibanding Eau De Toilette (EDT) dan Eau De Cologne (EDC),

Perfumer dari DROM Fragrances International, Fockenbrock menjelaskan bahwa jenis wewangian citrus akan lebih cepat kadaluarsa karena tingginya kandungan minyak citrus yang sangat sensitif. Adapun wewangian oriental lebih tahan lama. Kalau pun terjadi perubahan warna ini dikarenakan not-not manis seperti vanilla. Sementara jenis wewangian chypre, woody dan flotal lebih kuat.

Ingin tahu lebih banyak tentang tips dan trik parfum? Unduh ebook gratis Buku Panduan Parfum: Panduan, Tips & Trik Parfum dengan mengklik tombol download pada artikel berikut. 

Sumber:
http://www.huffingtonpost.com/entry/how-to-store-perfume-fragrance-last-longer_us_5614171be4b0baa355ad9129

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *